Kamis, 11 Agustus 2011

Seperti apa dunia IT di masa depan ??

Seperti apa dunia IT 10 tahun mendatang ?
secanggih apa gadget - gadget yang ada di dunia ini 20 tahun mendatang ??
akankah sangat maju ?
akankah lahir teknologi - teknologi baru yang membuat orang tercengang ???
Mari kita coba membayangkan ..
 

ketika saya membayangkan tentang dunia IT di masa mendatang , yang langsung terlintas di benak saya ( wussss ) adalah gambaran robot - robot pintar yang sedang mengerjakan pekerjaan sehari - hari layaknya manusia .
ya , robot - robot itu memasak , memotong rumput di halaman , menyapu rumah , membuat kopi , menyusun file - file di kantor dan sebagai nya .
manusianya ??
manusianya hidup berdampingan dengan para robot itu dengan segala fasilitas penunjang yang amat sangat membantu, malah manusianya cenderung bersahabat dengan para robot itu ( efek habis nonton transformer . hahaha )

Mungkin pengandaian saya ini sepintas terlihat seperti salah satu film fiksi yang pernah ditayangkan di layar lebar .
Namun pengandaian saya ini bukan tidak mungkin terjadi ..
kemajuan teknologi yang sangat cepat membuat pengandaian saya itu bisa jadi terwujud dalam waktu 20 - 30 tahun ke depan .
berbagai macam teknologi dan gadget - gadget canggih akan hadir guna memudahkan pekerjaan manusia
Saya membayangkan di masa mendatang , dengan kecanggihan teknologi yang ada , setiap manusia memiliki chip di dalam tubuhnya ( busett , kayak film banget :P )
chip ini difungsikan sebagai "ID-Card" abadi selama hidupnya ..
wow .. betapa nyamannya jika suatu saat nanti teknologi itu benar - benar terwujud .
seseorang yang melakukan kejahatan akan mudah sekali dilacak dengan bantuan chip itu , proses pendataan warga negara juga menjadi lebih mudah dan cepat :)
proses pengiriman , pengolahan , penyimpanan dan pengolahan data bisa terjadi hanya dalam hitungan detik ( wow ) . termasuk jalannya informasi yang ada , bisa - bisa kereta ekspress shinkansen kalah cepet tuh :P
selain jalannya cepet , tingkat kerentanannya dan proses pengamanannya juga menjadi lebih tinggi

*bayangkan dalam tiap menit ada ribuan hacker dengan cara masing - masing berusaha untuk membobol data suatu perusahaan sementara itu di lain tempat para professional IT tiap menitnya mengeluarkan teknologi dan aplikasi - aplikasi baru untuk meningkatkan securitas suatu data*

uhmmm selain itu , bisa jadi di masa mendatang kita sebagai manusia benar - benar dimanjakan oleh teknologi .. ( tanda - tandanya sudah mulai terlihat dari sekarang nih ) menyalakan lampu hanya dengan suara kita , melakukan berbagai macam transaksi dan pembayaran hanya menggunakan 1 kartu , "bertemu" dengan seseorang di belahan bumi bagian lain tanpa harus berpindah tempat .. teknologi yang ada benar - benar memanjakan kita sebagai end-user . Bisa jadi beberapa puluh tahun mendatang kita hanya perlu duduk di sebuah kursi dan semua aktifitas sehari - hari bisa kita lakukan di atasnya :)

baru membayangkan aja rasanya udah KEREEENNN BANGEEEETTT :D
( sekaligus mengingatkan saya pada film anak Doraemon , hehehehe )

sekali lagi , bukan tidak mungkin pengandaian saya tadi bakal terwujud beberapa puluh tahun mendatang
who knows ? :)

terselip harapan dalam pengandaian saya tadi , semoga secanggih apapun teknologi dunia IT masa mendatang , tidak "melupakan" kelestarian alam kita :)

ITU PENGANDAIANKU , APA PENGANDAIAN KAMU ?

1 komentar: