Selasa, 19 Juli 2011

SAYA DIKASIH 1.000.000.000.000 ( 1T ) AMA MR.PRESIDEN !!!!


YA !
Saya diberi uang 1T oleh Mr.Presiden !!


Hahahahaha
Eitsss .. pasti pada gak percaya kan :P
Ya , ini hanya per"ANDAI”an saja ..

Andaikan saya diberi uang 1T oleh Mr.Presiden , tapi . . . . . . . . ( seperti layaknya “budaya” indonesia .. yang enak-enak pasti ada tapinya , yang murah – murah pasti ada “syarat dan ketentuan berlaku”nya *upssss :D )
Apa tapi nya ??
Tapi saya diberi tanggung jawab untuk membenahi sistem informasi nasional
What should I do ??
Uhmmmmm .. *thinking*

1 Triliyun .. 
sayaaaa akan beli rumah , beli mobil , beli apartement lantai 17 , beli ... , beli .. , beli .. , beli .. ( kidding )

Untuk pembenahan sistem informasi nasional , dengan dana yang ada .. pertama – tama saya akan menertibkan sarana dan prasarana penunjang .
Untuk awalnya , saya akan memastikan masing – masing DATI II ( kota / kabupaten ) minimal memiliki 1 server khusus dan 1 server tambahan ( untuk proses backup) dilengkapi dengan sistem jaringan yang baik dan aman guna menangani jalannya data kependudukan yang kemudian dilaporkan pada server di DATI I . Untuk melengkapi pengadaan sarana tersebut , pada masing – masing DATI II juga harus ada petugas pemerintahan yang KHUSUS menangani keluar masuknya data kependudukan ( petugas tersebut HARUS mengetahui seluk beluk statistika dan MENGUASAI tentang komputerisasi yang akan saya aplikasikan )
Langkah selanjutnya , saya akan membuat ( atau bisa jadi membeli / menugaskan orang untuk membuat .. kan saya dikasih duitnya banyak :P ) program / aplikasi khusus untuk menginput dan mengupdate data kependudukan yang USER FRIENDLY ( biar gak ada alasan telat update data karena kebingungan ama aplikasi yang ada *basi* )


Uhmmmm .. sepertinya duitnya masih sisa tuh :P
Saya mau ..........
Menganggarkan sedikiiiiiiiiit saja untuk program SOSIALISASI SISTEM INFORMASI NASIONAL kepada masyarakat , khususnya masyarakat menengah kebawah . Apa yang akan saya sosialisasikan ??
Saya akan mensosialisasikan pentingnya MELAPORKAN perubahan data kependudukan ( agar tidak terjadi hal – hal seperti pada contoh di postingan saya sebelumnya ) . Mengapa perlu disosialisasikan , karena tanpa sosialisasi , program - program saya diatas tidak akan bisa maksimal karena masyarakat tidak atau belum memahami betul . Dengan begitu , harapan saya masyarakat lebih sadar akan pentingnya laporan mereka kepada pihak pemerintah .

Ya ..
Itu semua “pengandaian” dari saya ..
Terlepas dari “andai” nya itu bisa jadi kenyataan atau enggak , saya hanya berharap pemerintah yang sekarang benar – benar cermat dalam menganggarkan  dan mengambil kebijakan yang berhubungan dengan sistem informasi nasional agar masyarakat tidak merasa dirugikan . Proses transparansi dalam pengambilan kebijakan dan penentuan anggaran juga SANGAT diperlukan .

Sekian dari saya ( berharap 1T tadi ada sisanya .. hahahaha *masih aja ngarep* ) mohon masukan dan komentarnya yaa ..

2 komentar:

  1. 1 trilyun tu ada g anggaran buat peningkatan kualias SDM katakan lah...menurut saya..kalo hardwar, software dan sistem yg di gunakan dah bagus tapi user g mumpuni kan juga emaan... Minimal mreka harus punya keahlian,...
    Dan menurut saya, masyarakat bukan hanya melaporkan jika ada perubahan data. Tapi juga harus mengotrol langsung apaka perubahan yg di laporkan sudah di "tanggapi", itu artinya masyarakat jga harus "melek" teknologi.

    BalasHapus
  2. seperti yang sudah saya sebutkan diatas
    " Untuk melengkapi pengadaan sarana tersebut , pada masing – masing DATI II juga harus ada petugas pemerintahan yang KHUSUS menangani keluar masuknya data kependudukan ( petugas tersebut HARUS mengetahui seluk beluk statistika dan MENGUASAI tentang komputerisasi yang akan saya aplikasikan ) "
    jadi untuk menangani dan mengawasi proses pengolahan data tersebut harus dilakukan oleh orang yang sudah berkompeten :)

    yup , saya setuju dengan anda ..
    oleh karena itu saya menganggarkan 'sedikit' dana untuk proses sosialisasi agar masyarakat juga tanggap dan melek tekhnologi ..

    terima kasih sudah mampir + komentarnya :)

    BalasHapus