Kamis, 16 Juni 2011

be aware girls !

 sebagian data didapat dari breastcancer.org dan www.cancerhelps.com

yap ..
kemaren gw bilang bakal sharing tentang salah satu penyakit yang menjadi momok bagi hampir seluruh wanita di dunia ini , sampe" dikasih julukan "pembunuh wanita nomor satu" :(
ya , si pembunuh itu adalah KANKER PAYUDARA ..



menurut wikipedia , Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

Ternyata kanker payudara itu gak cuma satu lhoh jenisnya , setelah googling" .. gw dapet beberpa info tentang jenis ( asli ) kanker payudara , beberapa jenis yang lain merupakan gabungan dari jenis" asli ini . Antara lain :

Duktal Karsinoma in situ (DCIS): ini adalah tipe kanker payudara non-invasif paling umum. DCIS berarti sel-sel kanker berada di dalam duktus dan belum menyebar keluar dinding duktus ke jaringan payudara disekitarnya.

Lobular karsinoma in situ (LCIS): Meskipun sebenarnya ini bukan kanker, tetapi LCIS kadang digolongkan sebagai tipe kanker payudara non-invasif. Bermula dari kelenjar yang memproduksi air susu, tetapi tidak berkembang melewati dinding lobulus.

Kanker Payudara Terinflamasi (IBC): Jenis kanker payudara invasif yang jarang terjadi ini, statistiknya adalah sekitar 1-3% dari semua kasus kanker payudara. Biasanya tidak terjadi benjolan tunggal atau tumor. Sebaliknya, IBC membuat kulit payudara terlihat merah dan terasa hangat. Hal ini juga membuat kulit payudara tampak tebal dan mengerut, seperti kulit jeruk.



Gejala awal berupa sebuah benjolan yang biasanya dirasakan berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya, tidak menimbulkan nyeri dan biasanya memiliki pinggiran yang tidak teratur.

kebetulan gw pernah mengalami hal ini ..
benjolan yg gw alamin sepintas tidak nampak dari luar , tapi kalo lagi make kemben yang press di bagian ( maaf ) payudara , trus dipegang pake tangan baru berasa kalo ada benjolan ..
awalnya karena kecil dna gak menimbulkan rasa sakit , gw diemin aja *gw pikir itu kelenjar yang biasa muncul ketika cewek mau memasuki masa mestruasi ..
ternyata setelah masa mestruasi selesai pun benjolan itu tetep nangkring disana ..
tiap kali dipegang , dia terkesan "lari-lari" dan payudara sering kali terasa "kencang" tanpa sebab . hehehehe

ternyata ini penjelasannya ..
 

" Pada stadium awal, jika didorong oleh jari tangan, benjolan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit. Pada stadium lanjut, benjolan biasanya melekat pada dinding dada atau kulit di sekitarnya. Pada kanker stadium lanjut, bisa terbentuk benjolan yang membengkak atau borok di kulit payudara. Kadang kulit diatas benjolan mengkerut dan tampak seperti kulit jeruk. "


Gejala lainnya yang mungkin ditemukan adalah benjolan atau massa di ketiak, perubahan ukuran atau bentuk payudara, keluar cairan yang abnormal dari puting susu (biasanya berdarah atau berwarna kuning sampai hijau, mungkin juga bernanah), perubahan pada warna atau tekstur kulit pada payudara, puting susu maupun areola (daerah berwana coklat tua di sekeliling puting susu), payudara tampak kemerahan, kulit di sekitar puting susu bersisik, puting susu tertarik ke dalam atau terasa gatal, nyeri payudara atau pembengkakan salah satu payudara. Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.


kalo udah kayak gitu , gimana cara pengobatannya ?
selama ini yang gw tau , cara paling ampuh adalah "diangkat" pake cara operasi ..
*cara itu yg gw lakukan untuk mengambil sel penyakit itu dari tubuh ini
gw pikir setelah di operasi sesoerang sudah terbebas dari kanker tersebut , ternyata tidak .. sel tersebut bisa saja tumbuh lagi di dalam tubuh kita jika kita tidak menjaga pola hidup dengan baik


Ternyata gaya hidup kita sehari" bis amemicu kanker payudara juga lhoh ..
coba cek disini :)


kata mama ..
lebih baik mencegah daripada mengobati 
ada beberapa cara pencegahan dan pendeteksian dini kehadiran kanker tersebut , gw dipesenin dokter buat melakukan tindakan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) , buat lebih jelasnya tindakan seperti apa itu bisa dilihat disini  atau disini



so , buat kalian para ladies yg cantik" ..
jangan pernah ragu untuk memeriksa payudara ya , mengcegah lebih baik dari pada mengobati . penangangan sedini mungkin dapat mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh kanker tersebut .
jaga pola makan dan pola hidup , agak bersusah-susahdahulu gak papa deh .. yang penting bisa hidup sehat lebih lama di dunia ini *itung" nambah waktu buat nambah tabungan pahala :P


sampe disini dulu sharing nya ..
maaf kalo ada beberapa yg repost ( maklum , gw bukan anak kedokteran .. hehehehe. gw anak IT , jadi jagonya googling *ngeles* )


next time gw bakal sharing lg tentang pengalaman yg berhubungan ama penyakit ini :)


Be Healthy Girls
by nggunross

2 komentar: